Kelebihan CMS WordPress dibanding Blogger

0
kelebihan cms wordpress dibanding blogger
kelebihan cms wordpress dibanding blogger

Blogrid.com – Kelebihan CMS WordPress dibanding Blogger. Setiap hal apapun itu tentu punya plus, dan minusnya masing masing. Hal itu juga berlaku pada CMS ( Content Management System ).

Ada banyak sekali CMS yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog, atau website. Dari yang paling umum seperti Blogger, hingga yang jarang kita dengar misalnya drupal.

Selain dua CMS tersebut masih ada banyak lagi, namun yang saya tau tidak banyak. Yang saya tau adalah Blogger, WordPress, Drupal, dan Joomla. Tapi kali ini saya tidak akan membahas semua CMS tersebut.

Saya hanya akan berfokus pada kelebihan CMS WordPress dibanding dengan Blogger. Pada awal saya terjun menjadi seorang blogger abal abal, saya membuat blog pertama saya dengan Blogger.

Selain gratis, Blogger juga dikelola oleh Google yang tentunya membuat saya lebih percaya untuk menggunakan CMS tersebut. Sedangkan WordPress adalah CMS yang saya gunakan saat ini, di hampir semua website yang saya kelola.

Lantas apa saja kelebihan CMS WordPress dibanding dengan Blogger, hingga akhirnya saya memutuskan untuk berpindah CMS. Berikut penjelasannya dibawah ini.

Kelebihan CMS WordPress dibanding Blogger

1. Banyak Pilihan Tema

Berbeda halnya dengan blogger.com, yang hanya menyediakan 11 pilihan tema untuk membuat blog. WordPress memberikan jauh lebih banyak pilihan untuk mendesain website seperti apa yang ingin kita buat.

Mau website personal, berita, kesehatan, review, teknologi, dan bahkan untuk membuat landing page semua disediakan. Dan yang pasti itu semua bisa digunakan secara cuma cuma, alias gratis.

Maka siapa sih yang tidak tergoda dengan hal itu. Kita cukup masuk ke opsi tema, lalu mencari tema seperti apa yang kita inginkan.

2. Optimasi Blog Lebih Mudah

Jika saat menggunakan blogger, untuk mengatur menu, dan tampilan setidaknya kita harus paham sedikit bahasa pemograman. Dan tak jarang saat melakukan optimasi ini seringkali terjadi error.

Entah karena kita yang salah menempatkan code, atau bahkan karena ada code ( kode ) yang terhapus secara tak sengaja. Hal ini jauh berbeda, saat kita menggunakan wordpress self host.

Semua optimasi bisa kita lakukan tanpa perlu paham pemograman. Kita hanya perlu klik klik saja, plug and play. Dan tentunya minim terjadinya error, seperti saat menggukan blogger.

3. Permalink Website yang Tanpa Tanggal

Jika kalian perhatikan link setiap artikel yang dibuat dengan blogger, tentu memiliki format bulan dan tahun. Nah, bagi saya hal ini kurang enak untuk dipandang.

Namun sayangnya, saat menggunakan blogger, format tersebut tidak bisa dihilangkan. Bahkan  saya sudah mencoba mencari kesana kemari, namun tetap tidak ada hal yang bisa saya lakukan.

Kecuali, satu hal yaitu dengan berpindah CMS. Di WordPress, format tersebut bisa dihilangkan, dan bahkan bisa kita rubah. Kita bisa membuatnya dengan opsi format hari saja, bulan, tahun, atau kategori.

Sesuai keinginan kita, tentu hal itu sangat melegakan bagi saya.

Sebenarnya masih ada banyak poin yang ingin saya jabarkan, namun saya rasa tiga poin diatas adalah poin yang paling penting, dan yang paling perlu untuk saya sampaikan.

Sampai bertemu diartikel blogrid selanjutnya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here